Langsung ke konten utama

Rebusan Daun Sirih Ini Memiliki Banyak Khasiat Pengobatan


Siapa yang tidak tahu daun sirih? Masyarakat Indonesia tentulah tidak asing dengan tanaman merambat yang satu itu. Karena di Indonesia daun sirih seringkali dijumpai di rumah-rumah baik sengaja ditanam untuk hiasan maupun tanaman obat.

Tanaman yang satu ini juga sering menjadi bahan utama produk obat herbal. Orang tua zaman dahulu juga sering menggunakan Daun sirih untuk pengobatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut lagi di bawah ini Writer Land akan membahas kandungan, khasiat, dan cara menggunakan daun sirih sebagai obat. Yuk, simak baik-baik pembahasannya.

Kandungan yang Terdapat dalam Daun Sirih


Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Piperales
Famili  : Piperaceae
Spesies : Piper betle L.

Sebelum kita mengetahui manfaat daun sirih, ada baiknya terlebih dahulu Sahabat mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam daun sirih. Sehingga daun sirih digolongkan menjadi tanaman obat-obatan.

Sebenarnya banyak sekali kandungan yang terdapat dalam daun sirih yaitu: Minyak atsiri, kavikol, tannin, vitamin, asam organik, lemak, pati, dll.

Namun yang akan kami bahas adalah kandungan utama yang memiliki peran besar dalam pengobatannya.

Minyak Atsiri

Salah satu kandungan utama yang terdapat dalam daun sirih adalah minyak atsiri. Minyak Atsiri itulah yang memberikan ciri khas bau pada daun sirih. 

Minyak Atsiri memiliki khasiat untuk membasmi kuman dan jamur serta menghambat pertumbuhan mikroba. Hal tersebut juga menyebabkan Daun Sirih dapat dijadikan obat luka bisa juga menjadi obat keputihan sebab adanya senyawa kavikol.

Zat Flavanoid Polivenol 

Kandungan pada daun sirih yang satu itu juga tak kalah penting. Zat yang satu ini sangat berguna untuk menangkal radikal bebas, racun, serta dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Karena Flavonoid Polivenol tergolong ke dalam senyawa fitokimia dan memiliki sifat anti kanker, anti inflamasi, bisa juga sebagai antiseptik.

Senyawa tanin 

Senyawa yang satu ini berguna untuk melindungi luka dari serangan mikroba dan dapat pula menyembuhkan diare.
Riboflavin.

Sedangkan senyawa yang satu ini bisa mengatasi peradangan seperti jerawat, gatal hingga mata merah.

Satu kandungan dalam daun sirih memiliki banyak kegunaan. Dilihat dari macam-macam kandungannya, Daun sirih dapat digunakan sebagai antiseptik bisa juga dijadikan Vulnerary atau obat luka kulit, styptic, antioksida, fungisida hingga bakterisidal

10 Khasiat Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan


1. Obat Radang Tenggorokkan

Daun sirih memang dipercaya bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan merebus 4-5 daun sirih ditambah dua gelas air. Rebus sampai airnya tersisa setengah. Minum 2-3 gelas perhari.

2. Obat Luka Bakar

Menggunakan daun sirih untuk luka bakar bisa dengan cara menumbuk 3-5 daun sirih merah. Campur dengan dua sendok teh madu jika ada. Lalu, oleskan dua kali sehari pada luka bakar.

3. Obat Demam Berdarah

Ternyata daun sirih juga bisa digunakan untuk obat DBD, lhoo. Caranya dengan merebus 5-6 lembar daun sirih menggunakan 2 gelas air. Seperti biasa rebus daun sirih hingga air di dalamnya tersisa setengah. Minumkan air rebusan sirih itu secara rutin dua kali sehari pada penderita DBD.

4. Melancarkan Menstruasi

Mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar? Lancarkan dengan menggunakan ramuan herbal. Caranya rebus tiga lembar sirih tambahkan 10 gram mahkota dewa dan 15 gram umbi dewa. Rebus menggunakan 2 gelas air saja dan tunggu hingga airnya hanya tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

5. Obat Batuk

Daun sirih merah bisa mengobati batuk. Caranya rebuslah daun sirih merah menggunakan 300 ml air. Jangan lupa untuk diminum dua kali sehari dengan teratur.

6. Obat Keputihan

Keputihan itu membuat tidak enak ditambah bau yang tak sedap juga membuat tidak nyaman. Namun jangan khawatir, ternyata membasuh kewanitaan dengan air rebusan daun sirih ampuh lhoo. Caranya rebus 5-10 lembar sirih merah menggunakan 250 ml air. Dinginkan dan saring, lalu gunakan air itu untuk membersihkan daerah kewanitaan.

7. Menghilangkan Bau Badan

Ternyata kandungan asitri dalam daun sirih juga dapat menghilangkan bau badan. Cukup dengan merebus 10-15 lembar daun sirih, tambahkan 1 sdt garam. Rebus menggunakan 4 gelas air tunggu hingga airnya sisa setengah. Lalu minum rebusan air sirih dua kali sehari.

8. Obat Asma

Khasiat daun sirih yang lain ternyata bisa menjadi obat asma lhoo. Caranya rebus 4-5 daun sirih ke dalam dua gelas air. Tunggu hingga air tersisa setengahnya. Jangan lupa untuk diminum rutin 2-3 gelas sehari.

9. Obat Sakit Mata

Ternyata rebusan daun sirih bisa berguna juga untuk mengobati sakit mata. Rebus 1-2 lembar daun sirih menggunakan segelas air lalu dinginkan. Setelah itu gunakan air tersebut untuk mengkompres mata atau bisa juga digunakan menjadi obat tetes.

10. Menghilangkan Bau Mulut

Selain menghilangkan bau badan, revusan faun sirih juga bisa menghilangkan bau mulut. Caranya gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Lakukan secara rutin dan bau mulut akan menghilang.

Sekian kandungan dan khasiat daun sirih dari kami. Temukan artikel menarik lainnya hanya di Writer Land. Selamat mencoba dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka