Langsung ke konten utama

Mengejutkan, Ini Lho Kandungan dan Manfaat Air Beras untuk Kesehatan

Perlu diketahui manfaat air beras yang satu ini dipercaya oleh para wanita Asia terutama Jepang, Cina dan Korea.

Apa yang ada dalam pikiran Sahabat ketika membaca kata 'air beras'? Ya, air beras di sini merupakan air bekas mencuci beras. Tidak disangka-sangka ternyata air cucian beras memiliki banyak khasiat kesehatan terutama untuk kulit dan wajah berjerawat.

Di sini kita akan mengulas beberapa manfaat air beras untuk wajah yang tak kalah dengan produk kecantikan Korea. Karena manfaat air beras ini sering juga digunakan oleh para wanita Cina, Jepang dan Korea.

Sebelum kita mengetahui apa manfaat air beras? Lebih baik terlebih dahulu Sahabat tahu apa saja kandungan yang terdapat pada air beras yang bermanfaat untuk kesehatan.


Kandungan Air Beras untuk Kesehatan



Ternyata air beras menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, lhoo. Berikut beberapa kandungan dan nutrisi dalam air beras yang musti Sahabat ketahui.

1. Vitamin B8 (Inositol)

Ternyata beras diketahui mengandung vitamin B8 seperti yang sudah dilansir oleh The Epoch Times. Vitamin B8 atau yang disebut inositol ini memiliki banyak kegunaan salah satunya memperbaiki sirkulasi, membentuk lecithin melindungi sel-sel dan membantu meningkatkan pertumbuhan sel.

Hal itu dapat juga memperlambat penuaan, membuat kulit menjadi lebih kencang, bercahaya dan pori-pori mengecil.

2. Allantoin

Selain Vitamin B8, air beras juga mengandung Allantoin. Zat yang sering digunakan di berbagai produk kecantikan. Salah satu kegunaan Allantoin adalah untuk membantu mengatasi iritasi, mengelupasi sel-sel kulit mati serta bisa mendinginkan kulit cocok untuk Sahabat yang memilki kulit berjerawat.

3. Ferulic Acid

Ferulic Acid merupkan antioksidan alami yang sering dijumpai dalam biji-bijian, salah satunya beras. Asam ferulat ini bisa mencegah penuaan dini karena salah satu fungsinya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat menghambat produksi kolagen.

Karena kegunaanya tersebut banyak dokter menyarankan kosmetik yang mengandung ferulic Acid. Terutama bagi mereka yang berkeluh tentang flek hitam, kerutan di wajah dan indikasi penuaan dini lainnya.

4. Oryzanol

Salah satu bahan yang terdapat dalam air beras adalah Oryzanol. Memiliki kandungan alami yang berfungsi untuk menghilangkan noda atau flek hitam juga mengurangi penggelapan kulit yang sering kita sebut pigmentasi.

Setelah mengetahui kandungan dan protein apa saja yang ada dalam beras. Sekarang saatnya bagi Sahabat untuk mengetahui berbagai manfaat dari air cucian beras rahasia kecantikan Jepang ini.

Manfaat dan Cara Menggunakan Air Beras untuk Kesehatan

Perlu diingat di sini air beras yang dipake adalah air bilasan yang kedua. Air yang sudah mengkeruh dan menyerap banyak kandungan dalam beras. Berikut beberapa kegunaan air beras yang musti kita ketahui.

1. Air Beras Sebagai Pembersih Muka dan Toner

Ternyata air bekas cucian beras ini memiliki kandungan yang tak kalah dengan produk pembersih muka lainnya. Cara menggunakannya cukup celupkan kapas ke dalam air beras yang sudah disaring, terus usapkan secara merata ke area wajah. Pijat-pijat lembut dan diamkan hingga mengering agar vitamin yang terkandung dalam air beras menyerap ke dalam kulit. Boleh dilakukan secara rutin agar hasil maksimal.

Selain untuk pembersih wajah, air beras juga bisa digunakan sebagai toner. Cara pengaplikasiannya sama seperti di atas. Bedanya waktu menggunakannya, jika Sahabat menggunakan air beras sebagai toner maka lakukan praktek tadi setelah menggunakan pembersih wajah. Hal itu berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan membantu membersihkan sisa kotoran yang ditinggalkan oleh pembersih.

2. Masker Air Beras

Salah satu manfaat alami yang paling sering dilakukan adalah dengan membuat masker. Berikut kami memberikan rangkuman cara membuat masker air beras yang gampang dibuat dengan bahan seadanya.

Cara membuatnya cukup pisahkan air bilasan beras yang kedua ke dalam sebuah wadah. Diamkan sampai sari-sari beras mengendap ke dasar, lalu buang air yang sudah bening. Endapan itulah yang akan digunakan untuk bahan masker alami. Oleskan secara merata endapan itu ke wajah, diamkan sampai kering dan bilas menggunakan air hangat.


Masker ini cocok untuk menghilangkan dan mendinginkan jerawat serta mengecilkan pori-pori kulit.

3. Air Beras untuk Merawat Rambut

Kandungan air beras ini juga berguna untuk kesehatan rambut. Salah satunya mengatasi ketombe, mengurangi rambut rontok dan memanjangkan rambut.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai kandungan, manfaat, dan cara menggunakan air beras untuk kesehatan wajah dan rambut. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka