Langsung ke konten utama

Yuk, ketahui Macam-Macam Genre Wattpad Beserta Penjelasanya!

Sebagai seseorang yang suka menulis mengenal genre adalah suatu kewajiban. Yuk, ikuti tulisan ini untuk lebih mengenal apa itu genre!

Mengingat banyaknya Sahabat semua yang masih bingung tentang genre yang ada di wattpad, hari ini writer land akan membahas sekilas info tentang ‘Macam-Macam Genre Wattpad Beserta Penjelasannya’.

Sedikit penjelasan tentang genre, genre dibuat untuk mengkategorikan sebuah cerita berdasarkan isi cerita, agar mempermudah para pembaca untuk memilih cerita yang mereka sukai. Karena itu jangan sampai salah memilih genre untuk ceritamu.

Bagi yang masih bingung mengenai perbedaan genre di wattpad, dan masih pusing menentukan genre yang tepat untuk cerita yang dibuat. Di bawah ini kami akan berbagi sedikit info mengenai Perbedaan Genre-Genre Wattpad beserta penjelasannya. Langsung saja ini dia beberapa genre wattpad yang mungkin salah satunya ada yang belum kamu ketahui.

Artikel serupa:Macam Macam Majas, Pengertian Beserta Contohnya


1. General Fiction
General fiction adalah grnre yang berisi tentang cerita kehidupan sehari-hari, namun tidak benar-benar terjadi pada kehidupan nyata. Intinya cerita dibuat berdasarkan pemikiran dan imajinasi penulis bukan dari pengalaman.

2. Non-Fiksi
Tentu saja kebalikan dari fiksi, genre ini merupakan kisah nyata si Penulis yang dituangkan menjadi sebuah cerita. Biasanya tujuan tulisan ini untuk memberikan pelajaran kepada para pembaca mengenai apa yang penulis alami.

3. Teen Fiction
Genre ini menceritakan kehidupan remaja, anak-anak sekolahan. Genre ini masuk kedalam genre yang paling banyak diminati, terutama oleh kaum remaja. Ya, paling banyak diminati karena sebagian besar penghuni wattpad adalah anak remaja.

4. Science Fiction
Selain harus pintar membuat cerita, Penulis genre ini juga harus memiliki wawasan yang luas mengenai ilmu alam. Karena, genre ini berisi cerita yang didalamnya banyak mengandung unsur ilmiah. Dan biasanya para penulis genre ini juga pintar di sekolahnya.

5. Fanfiction
Di dalam cerita yang bergenre fanfiction, nama tokohnya merupakan nama idola sang Penulis. Tidak semua tokoh, biasanya hanya tokoh utama saja yang dikasih nama idolanya. Contohnya seperti cerita Aliando-Prilly.

6. Romance
Sahabat semua tentu saja sudah tahu mengenai genre ini bukan? genre ini berisi tentang kisah cinta, yang kebanyakan bersifat melankolis dan mendayu-dayu. Namun, di wattpad beda lagi, cenderung ke arah cerita dewasa, terapi tidak semuanya.

7. Spiritual

Genre ini bisa berupa kisah cinta, keluarga, persahabatan yang di dalamnya mengandung unsur islami. Genre ini sangat cocok untuk para Sahabat yang ingin hijrah. Bisa dipilih juga untuk Sahabat yang gemar menulis kisah motivasi Islam.

8. Action
Kebanyakan para Penulis genre ini adalah laki-laki, karena cerita ini berisi tentang adegan-adegan perkelahian dan pertempuran. Mengenai genre ini mungkin sudah banyak yang tahu, jadi tidak perlu dijelaskan lebih detail lagi.

9. Adventure
Cerita di genre ini berisi tentang kejadian-kejadian yang terjadi saat berpetualang. Intinya genre ini menceritakan sebuah petualangan. Yang biasanya si tokoh memiliki misi yang mengharuskan ia berpetualang.

10. Horror
Nah, bagi para Sahabat yang suka akan sesuatu yang berbau mistis, genre ini cocok untuk Sahabat baca. Isi ceritanya kebanyakan berhubungan dengan mahluk ghaib, yang bisa buat pembacanya merinding. Dan sangat tidak disarankan bagi para Sahabat yang penakut.

11. Humor
Berisi tentang cerita-cerita lucu yang bisa mengundang tawa pembacanya. Penulis yang terkenal di genre ini adalah Raditya Dika. Bagi yang merasa humoris, silahkan bisa menggunakan genre ini. Bagi yang butuh hiburan juga sangat cocok pastinya.

12. Mistery
Seperti namanya genre ini bercerita tentang kemisteriusan. Kebanyakan menceritakan seorang detektif yang sedang memecahkan suatu masalah yang misterius. Isi cerita selalu mengundang tanya dan endingnya tidak terduga. Contoh ceritanya adalah Sherlock Holmes.

13. Fantasi
genre ini berisi cerita yang sangat-sangat imajinatif, yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Cerita ini berasal dari khayalan sang Penulis, karena banyak mengandung unsur magic, kekuatan supranatural yang tidak mungkin terjadi. Contoh ceritanya adalah Harry Potter.

14. Chicklit
Cerita yang berisi seputar permasalahan wanita. Meskipun begitu, penggemar genre ini tidak semua wanita banyak juga laki-laki yang gemar membaca cerita chicklit. Jangan salah, banyak juga penulis laki-laki di genre ini.

15. Poetry
Genre ini berisi tentang cerita yang dikemas dalam bentuk puisi yang indah.

16. Random
Sesuai dengan namanya, random yang berarti tidak teratur. Di dalamnya tidak dibatasi, bisa berisi quotes, tips, rekomen dan lain-lain.

Mungkin itu sekilas info yang dapat kami bagikan, jika terdapat kesalahan atau jika Sahabat kurang paham mengenai penjelasan di atas, bisa ditanyakan langsung lewat kolom komentar. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Artikel terkait:Cara Menulis Puisi Indah Sederhana Untuk Pmula Beserta Contohnya

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka