Langsung ke konten utama

10 Risiko yang Musti Diketahui oleh Pecandu Kopi

Semua yang kita lakukan termasuk candu ngopi ada risikonya. Yuk, ketahui risiko apa saja yang musti peminum kopi tanggung!


Sekarang para pencinta kopi semakin marak di mana-mana. Mungkin itu terjadi karena efek kopi yang menenangkan dan bisa meningkatkan mood. Sehingga tak jarang remaja perempuan pun banyak yang suka.

Namun tentu saja selain memiliki manfaat yang banyak kopi juga menyimpan bahaya jika dikonsumsi tanpa kontrol. Ada baiknya untuk mengetahui risiko agar tahu juga bagaimana cara mencegahnya.

Berikut adalah yang harus peminum kopi tahu tentang risiko terlalu banyak konsumsi kopi :

1. Insomnia

Hal ini bukan rahasia lagi, bahwa kandungan kafein dalam kopi menyebabkan seseorang susah tidur. Bahkan sebagian dari mereka memanfaatkan risiko ini untuk meningkatkan produktivitas kerja pada malam hari. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein, Sahabat akan kehilangan rasa kantuk dan kualitas tidur menurun.

2. Detak Jantung Meningkat

Jantung akan terasa berdetak lebih cepat jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Semua itu terjadi karena kafein dalam kopi dapat mempengaruhi susunan saraf pusat pada otak. Hal tersebut malah akan lebih berbahaya bagi orang yang sudah memiliki penyakit jantung.

3. Sakit Kepala

Meski dalam takaran tertentu kopi bisa digunakan sebagai  pereda sakit kepala. Namun jika dikonsumsi secara berlebih malah akan menimbulkan migrain. Jadi, minumlah secukupnya.

4. Darah Tinggi

Kafein bisa membuat tekanan darah semakin meningkat bagi seseorang yang memiliki tekanan darah normal. Namun bagi seseorang yang sudah mengidap penyakit hipertensi, meminum kopi akan lebih berisiko berkali-kali lipat. Untuk itu penderita hipertensi lebih baik menghentikan mengkonsumsi kafein.

5. Asam Lambung Meningkat

Kopi memiliki kandungan asam yang tinggi hal itu yang memicu terjadinya asam lambung meningkat. Dan asam lambung yang meningkat akan membuat esophagus iritasi sehingga menimbulkan penyakit lain yang dinamakan gerd. Tentu saja ini perlu diperhatikan apalagi bagi yang mempunyai masalah dengan lambung atai maag.

6. Pencernaan Terganggu

Meminum kopi dalam keadaan perut kosong akan sangat mengganggu lambung dan jika itu terjadi berkali-kali maka pencernaan pun akan terganggu.

7. Kolesterol Meningkat

Mengkonsumsi kopi terlalu banyak juga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal itu terjadi karena terganggunya reseptor dalam usus oleh salah satu komponen kopi.

8. Meningkatnya Risiko Stroke dan Serangan Jantung 

Para peneliti menyebutkan bahwa jika mengkonsumsi kopi secara berlebih dapat menyebabkan tingginya risiko pembuluh darah rusak. Dan hal itu tentu sangat berkaitan dengan penyakit stroke dan jantung. Maka dari itu pecandu kopi juga berisiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Sebaiknya Sahabat mengkonsumsi kopi tidak lebih dari 3 gelas kopi per hari.

9. Merusak Gigi

Banyak meminum kopi akan menyebabkan gigi kuning bahkan bisa memacu timbulnya karang gigi. Jika itu terjadi tentu sangat menggangu dan mambuat Sahabat kurang percaya diri bila tersenyum.

10. Menyebabkan Inkontinensia

Inkontinensia adalah keadaan di mana seseorang tidak bisa mengontrol buang air kecil. Kebanyakan dari para penderitanya adalah para perempuan yang sering mengkonsumsi kopi.

Sekian risiko yang musti diketahui oleh para pecandu kopi. Minum kopi itu tidak salah karena memang memiliki banyak manfaat yang salah adalah minum secara berlebihan.

Sesuatu yang diminun berlebihan tidak akan ada yang baik semua memiliki risiko. Untuk mengurangi risiko kami sarankan untuk meminum kopi tidak lebih dari 3 gelas, kalo bisa jangan sampai tiga gelas juga. Jaga kesehatan Sahabat dan Terima kasih.

Temukan artikel menarik lainnya di Writer Land.

Baca juga :

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Begini Nih Cara Menikmati Kopi Sehat Beserta Manfaatnya

Ternyata Terlalu Sering Minum Kopi, Ini yang Akan Dirasakan Perempuan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka