Langsung ke konten utama

Ternyata Terlalu Sering Minum Kopi, Ini yang Akan Dirasakan Perempuan

Meminum kopi terlalu sering mempunyai efek lain bagi perempuan, lhoo. Yuk, ketahui efek apa saja yang akan dirasakan perempuan!


Kopi memang minuman favorit yang disukai semua kalangan tanpa terkecuali kaum hawa. Kandungan kafein di dalamnya memiliki banyak efek.

Efek minum kopi yang bisa memperbaiki suasana hati membuat banyak remaja putri tertarik juga untuk ikut mengkonsumsi. Awalnya hanya mencoba dan akhirnya menjadi gaya hidup.

Jika sudah menjadi gaya hidup maka akan sangat sulit untuk menghentikannya. Penting untuk mengetahui dampak yang akan terjadi jika perempuan memilih kopi sebagai minuman wajib.

Untuk itu kini Writer Land akan membahas mengenai efek sering minum kopi bagi perempuan. Agar para remaja putri atau perempuan lainnya bisa lebih bijak dalam meminum kopi.

Berikut adalah beberapa risiko yang akan perempuan dapatkan jika terlalu sering minum kopi :

1. Mempengaruhi Siklus Menstruasi

Saat menstruasi wanita dilarang meminum kopi. Wanita yang mengkonsumsi kopi akan mengalami gejala PMS lebih parah dari biasanya. Sakit kepala, sakit pinggang, kram, sakit perut, mudah marah karena emosi tidak stabil. Kopi juga memperpendek siklus haid dan bisa membuat ketidakteraturan siklus menstruasi.

2. Susah Hamil

Menurut hasil penelitian, diketahui bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi lebih sulit hamil dibanding yang tidak mengkonsumsi. Ternyata kandungan kafein dapat mempengaruhi kerja tuba falopi yang berfungsi mendorong sel telur menuju rahim. Sehingga minum kopi bagi wanita akan menyebabkan kesusahan hamil.

3. Keguguran dan Kelahiran Prematur

Mengkonsumsi kopi bagi wanita yang sedang hamil akan mempertinggi risiko keguguran. Karena kafein bisa masuk ke plasenta dan mengancam nyawa janin. Selain keguguran juga konsumsi kafein bagi ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya. Untuk itu bagi ibu hamil sebaiknya hentikan atau kurangi mengkonsumsi kafein.

4. Memicu Masalah Payudara

Biasanya wanita yang sering mengkonsumsi kopi akan mengalami pembengkakan payudara. Penarikan darah menuju payudara menyebabkan payudara kencang namun nyeri. Itu bisa terjadi saat meningkatnya kadar estrogen dan kopi sangat mempengaruhi kadar estrogen.

5. Ketidakseimbangan Hormon

Kopi yang dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi hormon secara drastis. Kopi yang mendorong tingginya produksi dopamin akan menyebabkan orang mudah stress. Derak jantung dan tekanan darah yang tak normal juga memicu ketidakseimbangan hormon.

6. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit ini berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Dikabarkan bahwa penyakit kardiovaskular juga menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Penyakit tersebut terjadi karena penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan ketika kita mengkonsumsi kafein akan terjadi penyempitan pembuluh darah dan risiko ini tidak hanya untuk perempuan.

7. Peningkatan Berat Badan

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar gula dan lemak pada tubuh. Sehingga orang yang mengkonsumsi secara berlebih biasanya memiliki badan gemuk dan memiliki risiko terkena obesitas.

Untuk itu bagi wanita sangat penting meminimalisir pengasupan kafein. Agar hormon tetap stabil, menjaga kesuburan,  dan mencegah risiko yang telah disebutkan di atas.

Temukan artikel kesehatan dan hiburan menarik lainnya hanya di Writer Land. Jaga kesehatan dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka