Langsung ke konten utama

5 Tips Merawat Bibir agar Tetap Sehat Cantik Alami

Apa penyebab bibir berwarna hitam dan bagaimana cara merawat bibir? Ikuti artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

Kali ini Writer Land akan membahas seluk beluk cara merawat bibir dengan mudah.


Perawatan bibir tidak boleh disepelekan apalagi untuk perempuan. Karena bibir yang tak terawat tidak enak dipandang sehingga membuat kecantikan kalian berkurang.

Bibir yang tak terawat juga menggambarkan bahwa sang empunya malas merawat penampilan. Untuk itu dari sekarang mari rawat bibir Sahabat karena caranya gampang sekali.

Namun, sebelum Sahabat mengetahui bagaimana cara merawat bibir ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa penyebab bibir menjadi berwarna gelap. Akan kami uraikan secara singkat di bawah ini.

Penyebab Bibir Berwarna Kehitaman


Memiliki bibir berwarna gelap karena takdir itu tak masalah indah-indah saja. Namun, memiliki bibir kehitaman karena tak terawat itu berbeda sehingga akan mengurangi kepercayaan diri Sahabat.

Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya kita mencegah dengan cara menjauhi penyebab-penyebab bibir hitam berikut ini:

1. Merokok

Hal pertama yang menjadi penyebab bibir kehitaman adalah merokok. Karena ketika bibir terkena panas saat menghisap rokok maka sel-sel darah merah yang ada di bibir akan mati dan mengakibatkan timbunan pigmen. Hal itu yang menyebabkan bibir berwarna kehitaman, ditambah karbon yang dihasilkan rokok juga mengakibatkan warna bibir semakin pekat. Untuk itu jauhi aktivitas merokok karena tak ada positifnya sama sekali terutama untuk kesehatan.

2. Kafein

Nah, buat para penyuka teh dan kopi sebaiknya agak dikurangi deh karena kafein salah satu penyebab penghitaman bibir. Kafein yang bersifat diuretik ini akan menyebabkan orang lebih sering buang air kecil. Hal itu berarti juga kadar air yang terbuang semakin banyak dan akan membuat kulit kering termasuk bibir. Jika menginginkan kulit tampak sehat alami sebaiknya kurangi makan-makanan berkafein.

3. Bahan Kimia

Lipstik selain berguna untuk mengindahkan bibir juga di dalamnya terdapat bahan kimia. Bahan kimia yang digunakan dalam jangka waktu lama akan membuat kulit bibir menghitam karena begitu sensitif. Untuk itu hindari penggunaan lipstik terlalu lama dan segera bersihkan bibir Sahabat sampai tak ada sisa lipstik sedikit pun.

4. Hormon Estrogen

Salah satu penyebab lainnya adalah hormon estrogen. Seiring bertambahnya usia, semua hormon mengalami penurunan fungsi. Proses regenerasi pun mengalami penurunan sehingga kulit tidak bisa melindungi dan melembapkan sendiri. Itu mengakibatkan kulit semakin mengendur dan bibir mengkerut kering hingga menjadi berwarna hitam.

5. Kurangnya Perawatan

Ketidakpedulian terhadap kesehatan bibir atau perawatan bibir yang salah juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Keseringan menjilati bibir dapat menyebabkan kulit bibir kering. Untuk itu penting sekali memakai lip balm yang diberi label pelembab untuk mempertahankan kelembapan bibir sahabat. Kurangi juga kebiasaan menjilati bibir.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Bibir Hitam


Pencegahan bibir hitam bisa dilakukan dengan cara menjauhi penyebab-penyebab di atas. Penting lagi yaitu untuk selalu membersihkan sisa lipstik jika bisa menggunakan pembersih khusus.

Dan untuk cara mengatasi bibir yang sudah hitam bisa dengan cara telaten merawatnya yang akan kami bahas di bawah ini. Bisa juga dengan cara memerahkan bibir menggunakan bahan alami seperti yang di bahas dalam artikel di bawah.

Baca juga: Cara Memerahkan Bibir dengan Bahan Alami Mudah Didapatkan

Cara Merawat Bibir Sederhana Mudah Diaplikasikan


Seperti yang telah Sahabat ketahui sebelumnya bahwa salah satu penyebab hitamnya bibir adalah ketidakpedulian akan perawatan. Penyebab lainnya juga adalah kesalahan dalam merawat bibir.

Karena alasan tersebut penting sekali Sahabat mengetahui bagaimana cara merawat bibir. Berikut cara sederhana merawat bibir dan mudah diterapkan:

1. Jangan Jilat Bibir

Kebanyakan orang menganggap bahwa menjilat bibir adalah salah satu cara melembapkan. Itu sama sekali tidak benar. Semakin sering Sahabat menjilat bibir maka bibir akan semakin kering karena enzim yang ada dalam air liur sangat keras untuk bibir.

2. Menghapus Make Up

Kadang banyak orang yang meremehkan tidak menghapus lipstik. Lipstik dibiarkan begitu saja atau dibersihkan namun tidak sampai tuntas, hal itu menyebabkan kulit bibir terus dibebankan bahan kimia. Dan hal semacam itu dapat mempercepat rusaknya bibir.

3. Minum air

Untuk mencegah bibir mengalami dehidrasi maka banyak minum air putih. Karena asupan air yang cukup akan membantu merawat bibir dari dalam sehingga tetap menjaga kelembapan kulit tak hanya bibir.

4. Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi bibir menggunakan scrub dari gula atau jus lemon secara teratur dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk pada bibir. Ekafoliasi bibir yang benar juga membuat bibir lebih lembut dan berwarna merah muda.

5. Lip Balm

Penggunaan lip balm sangat membantu sekali untuk membuat bibir tetap lembab. Gunakan lip balm sebelum tidur untuk menghindari dehidrasi. Namun pastikan produk lip balm yang digunakan memang cocok untuk kulit bibir Sahabat.

Selama Sahabat punya keinginan untuk mengejar cita-cita, maka di sana Sahabat harus juga merawat kesehatan.

Sekian cara merawat bibir yang mudah diaplikasikan dari kami. Temukan artikel menarik lainnya hanya di Writer Land. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Komentar

  1. Menjada kelembaban adalah cara yang tepat untuk mengatasi bibir mengkerut atau kering

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka