Langsung ke konten utama

Begini Jangka Waktu dan Cara Memasak Mie Instan agar Tetap Sehat

Bagaimana cara memasak mie instan agar jauh dari risiko penyakit? Berapa lama jangka memakan mie instan yang benar? Yuk, temukan jawabannya di sini!


Setelah Cina, Indonesia adalah negara di mana rakyatnya sering mengkonsumsi mie instan. Hal tersebut langsung dilaporkan oleh World Instan Noodles Association di akhir 2017.

Siapa yang tidak suka dengan makanan cepat saji yang satu ini? Rasanya yang menggugah dan cara membuatnya yang gampang dan cepat selalu membuat penikmatnya ketagihan.

Namun makanan yang satu ini akan berbahaya jika dimakan terlalu sering. Kandungan di dalamnya ada yang bisa membahayakan kesehatan otak. Beberapa gejala di antaranya adalah kesemutan, sakit kepala, hingga mati rasa di bagian tubuh tertentu.

Hal itulah mengharuskan para penikmatnya untuk lebih cermat memakan makanan cepat saji tersebut.

Berikut Writer Land akan memberikan tips memasak mie instan agar tetap sehat :

1. Buang Air Rebusan

Air rebusan pertama yang dipakai untuk merebus mie itu memang enak. Namun warnanya yang kekuningan disamping kaldunya kental, juga telah tercampur dengan bahan pengawet dalam mie. Karena itu lebih baik mencegah risiko dengan mengganti air rebusannya dengan yang baru.

2. Kurangi Bumbu

Bumbu dalam mie instan mengandung MSG dan berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Lebih baik dipakai sedikit saja, sisanya ganti dengan bumbu buatan sendiri seperti garam, bawang merah, lada dan ketumbar yang sudah dihaluskan.

3. Tambah Sayuran, Daging atau Telur

Menambahkan sayur, telur dan daging akan memberikan asupan protein yang tidak didapatkan dalam mie. Selain membuat mie Sahabat menjadi lebih sehat, menambahkan sayur juga dapat membuat mie semakin enak.

4. Jangan Mencampurkan Bumbu ke Dalam Mie yang Sedang di Masak  

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bumbu dalam mie instan mengandung MSG. Itu berbahaya dan akan lebih berbahaya jika dimasukan ke dalam air bersuhu tinggi. Dalam kemasannya pun telah dituliskan bagaimana cara mencampurkan bumbu ke dalam mie.

5. Jangan Memakan Mie dengan Nasi

Mie instan dan nasi ini sama-sama mengandung karbohidrat. Jika dimakan secara bersamaan maka yang ada kadar gula dalam tubuh meningkat.

6. Jangan Terlalu Sering

Mie instan tidak baik untuk dikonsumsi terus menerus. Sebaiknya dikasih jangka waktu maksimal 3-4 seminggu. Meski mie instan tinggi karbohidrat namun minim akan gizi dan zat yang diperlukan tubuh. Juga hindari makan mie sebelum tidur karena akan memaksa organ pencernaan yang seharusnya istirahat.

7. Jangan Memakan Mie Mentah

Biasanya anak kecil sering memakan mie dengan cara diremas lalu dikasih bumbu. Makan mie mentah akan menggangu pencernaan, sebaiknya memakan sesuai yang dituliskan dalam kemasan.

Sekian 7 tips memasak mie yang baik dan benar agar tetap sehat. Mengikuti petunjuk memasak yang ada dalam kemasan ternyata lebih baik.

Temukan fakta unik kesehatan dan hiburan lainnya hanya di Writer Land. Terakhir dari kami jaga kesehatan dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka