Langsung ke konten utama

Cara Menulis Puisi Indah Sederhana untuk Pemula Beserta Contohnya

Puisi itu identik dengan ungkapan perasaan. Ingin bisa membuatnya? Yuk, ikuti artikel cara menulis puisi sederhana untuk pemula berikut ini!

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit ulasan mengenai  Bagaimana Cara Merangkai Puisi Indah Sederhana Beserta Contohnya untuk Pemula versi Writer Land.

Sahabat semua pasti tahu apa itu puisi, pengertian puisi itu berbeda-beda menurut versinya. Mungkin di sini kami akan membahas sekilas intinya mengenai pengertian puisi. Puisi adalah karya tulis yang dibuat untuk menyampaikan gejolak atau pemikiran melalui diksi-diksi indah dan berbentuk bait. Karena keindahannya tersebut puisi banyak digemari khalayak terutama para Remaja.

Bagi para Remaja yang sulit untuk mengungkapkan isi hatinya, puisi bisa menjadi alternatif keren untuk mengeluarkan uneg-uneg. Baik itu berupa kekesalan, kebahagiaan mungkin juga perasaan bisa dituangkan melalui puisi. Dengan begitu kekesalan Sahabat akan berbuah karya yang indah. Bagi yang masih bingung dan tidak bisa bagaimana cara mengeluarkan masalah menjadi puisi, Sahabat tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan sedikit tips merangkai puisi indah untuk pemula.

Ini memang bukan ilmu pasti, hanya metode seseorang dalam menulis puisi. Kami hanya ingin berbagi, siapa tahu berkenan di hati. Berikut ini Langkah-langkah Menulis Puisi Sederhana untuk pemula.


1.Pilih Tema

Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan dalam menulis puisi adalah memilih tema. Pastikan tema yang diangkat merupakan tema yang benar-benar ingin disampaikan bisa jadi yang sedang dirasakan. Jika Sahabat sedang merasa resah karena melihat sesuatu yang tidak diduga, maka tema yang diangkat adalah mengenai keresahan.

2.Tuliskan

Tuliskan semua yang ingin kamu sampaikan tanpa terkecuali, jangan dulu diedit. Uneg-uneg, perasaan, pesan, pendapat apapun itu. Untuk pemula agar mudah, bisa dibuatkan data seperti catatan di bawah ini.

Contoh:

Perasaan: Takut, karena melihat perkelahian sepasang suami istri.
Uneg-uneg: Kenapa Tuhan memperlihatkan kejadian itu?
Pendapat: Kita tidak boleh menyalahkan Tuhan, kita harus mempelajarinya.
Pesan: Bersyukurlah apapun yang terjadi!

Itu hanyalah contoh catatan agar lebih mudah. Untuk praktek Sahabat bebas bahkan biasanya lebih banyak dari itu.

3. Urutkan Dan Rangkailah

Urutkan apa yang sudah Sahabat tulis tadi sehingga menjadi sebuah rangkaian cerita yang padu. Hapus kata-kata yang tidak perlu lalu padatkan.

4. Benahi Diksi

Setiap kata meski sama arti itu memiliki kekuatan yang berbeda. Contohnya daun tanggal, daun jatuh, daun rontok, daun luruh, daun gugur, itu memiliki arti yang sama, tapi memiliki kekuatan kata yang berbeda. Jadi, ganti diksi yang kurang tepat untuk memperindah kalimat.

5. Samarkan Makna Asli

Samarkan makna aslinya dengan menggunakan majas, untuk mempercantik kemasan puisi. Tahap ini, jika tidak dipakai tak apa. Puisi sederhana yang mudah dipahami asal diksinya pas akan menjadi sangat indah.

6. Berikan Judul

Pilih judul yang tepat, judul bisa diambil dari kalimat yang terdapat dalam puisi. Judul itu yang menggambarkan keseluruhan isi puisi sama seperti judul dalam cerpen. Jadi, jangan asal memilih judul. Judul juga harus menarik agar pembaca mau membaca isinya.

Jika Sahabat sudah melakukan langkah-langkah diatas maka jadilah Puisi Sederhana. seperti di bawah ini contoh yang diambil dari pemula juga:


HIDUP TAK SEINDAH CERITA ROMAN

Cipt: Reana Methan


“Rumah tangga retak!”

Seketika dunia berubah gelap

Teriakan, tangisan, bergema menyatu

Seandainya diperbolehkan

“Tuhan, kenapa Kau perlihatkan?”

Itulah yang 'kan kuucap

Tak sedikitpun berani menentang

Ketika netra melihat maka otak musti berputar

Sadarlah bahwa,

“Hidup tak seindah cerita roman”

Agungkan cinta sepasang insan

Menyampingkan cinta Haqiqi-Mu

Begitulah kiranya kesimpulan kudapat

Kolaborasi hati dan pikiran yang Engkau beri

Alhamdulillah, dalam berbagai keadaan, ucapkanlah!

Contoh puisi diambil dari pemula juga. Untuk memperlihatkan langsung hasil dari tips sederhana ini. Jika sudah begitu maka yang terakhir adalah publikasikan karyamu di mana saja agar apa yang ingin Sahabat sampaikan, tersampaikan kepada seseorang atau pembaca.

Sekian Tips Membuat Puisi Sederhana untuk pemula versi writer land, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Bagi yang ingin menambahkan tipsnya silahkan tulis di komentar. Selamat mencoba dan terima kasih^_^

Baca juga :

Kau, Aku, Rintang dan Bintang

Apa Kabar, Rindu?

Biografi dan Kumpulan Puisi Joko Pinurbo Terbaru




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Quotes Cinta, Bijak, Membangun Fiersa Besari

Fiersa besari penulis muda berbakat yang sering dalam karyanya tercipta bangak quotes bijak. Kata-katanya puitis memotivasi hingga banyak dipajang di jadikan status Facebook dan semacamnya. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak, quotes Fiersa Besari yang bisa Sahabat nikmati : "Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran." "Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap." "Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna." "Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam." "Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan." "Mungkin, kita terlalu pandai berpura-p

Contoh Materi Stand Up Lucu Tentang Cewek itu Ribet

Cewek itu Ribet Oleh: Bang Oong Gue nggak bermaksud merendahkan para cewek. Jujur, gue sangat respect sama cewek. Karena kalo nggak ada cewek, gak bakalan ada Ibu Kota. Adanya Bapak Kota. Maaf ... kurang lucu! Cewek itu makhluk yang ribet. Percaya atau nggak, tapi itu faktanya. Cewek nih, di mukanya ada jerewat aja, hebohnya minta ampun. "Aduuuh ... muka aku, muka aku!" teriaknya. "Mengapa muka lu?" tanya Bapaknya. "Ada jerawat ... tapi gede." "Itu bukan jerawat, tapi bisul pea!" sanggah Bapaknya. Tapi beneran, Jon. Cewek kalo di mukanya numbuh jerawat tuh langsung heboh, panik, kejang-kejang, ambeien, dan sebagainya. Padahal kan cuma numbuh jerawat. Ngapain panik? Kalo di mukanya numbuh pohon beringin kali, boleh dah panik. Karena bakalan serem. Malem-malem ada Kuntilanak meet up di mukanya. Pas mau berangkat sekolah juga, cewek mah ribet, Jon. Kalo cowok mau berangkat sekolah, ya simple. Pake baju seragam, c

Benarkah Kopi Sumber Inspirasi? Ini Rahasia Penulis Menyukai Kopi

Ternyata kopi memiliki banyak manfaat dalam proses pembuatan karya. Yuk, ketahui rahasianya! Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi besar. Karena fakta tersebut banyak rakyat Indonesia yang menjadi pencinta kopi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya yang banyak pun menjadi daya tarik tersendiri. Setiap pencinta kopi memiliki alasan masing-masing untuk menyukai kopi, begitupun penulis. Sahabat sering dengar kan beberapa penulis menulis karyanya ditemani kopi. Ternyata kopi memang mempunyai efek tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penulis membutuhkan kopi saat hendak menulis : 1. Menambah Ide dan Inspirasi Ketika sedang menulis atau kehabisan ide biasanya kopi bisa menjadi inspirasi. Sebagian penulis mengaku jika dengan meminum kopi, entah datang dari mana inspirasi selalu saja ngalir. Mungkin itu efek kafein yang bisa menenangkan otak, kondisi pikiran tenang itulah yang mungkin mendatangkan inspirasi. 2. Meningkatkan Semangat Ka